Loading...

Bagian-bagian Catur purusastha

Ajaran catur purusastha merupakan modal dasar umat hindu dalam berupaya untuk mewujudkan tujuannya beragama. Tujuan umat beragama patut dijadikan pedoman dengan ajaran catur purusastha. dengan demikian, maka cita-cita dijadikan pedoman untuk mewujudkan kesejahteraan hidup jasmani dan kebahagian
hidup rohaninya dengan sendirinya akan tercapai. mencapai kebahagiaan jasmani atau kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat hendaknya dijadikan komitmen dalam hidup ini. ajaran tentang catur purusartha adalah merupakan ajaran yang bersifat universal dan berlaku sepanjang zaman. banyak interpretasi tentang ajaran tersebut ditemukan namun hakikat ajaranya akan tetap sama. apakah yang dimaksud dengan catur purusastha? di dalam kitab Brahma purana mengenai catur purusartha disebutkan sebagai berikut:
''Dharmartha kama moksaram sariram sadhanam''
(Brahma Purana 228,45)
artinya:
tubuh adalah alat( untuk mendapat) dharma, artha, kama, dan moksa.

selanjutnya dalam kitab astha dasa parwa pada bagian udyoga parwa kita temukan ajaran yang berkaitan dengan hakikat dharma, sebagai berikut:
'ikang dharma ngaranya, hetuning mara ring swarga ika, kadi gatining perahu, an hetuning banyaga nertasing tasik'
artinya:
yang disebut dharma, adalah jalan untuk pergi ke sorga, sebagai halnya perahu, sesungguhnya adalah alat bagi pedagang dalam mengarungi lautan.

Kutipan diatas menjelaskan kepada kita bahwa manusia harus menyadari apa yang menjadi tujuan hidupnya